Compile Kernel Pertama FreeBSD

Supaya tidak pusing setelah installasi berakhir langsung kita compile kernel FreeBSD, kenapa dilakukan sekarang alasan nya supaya kalau ada masalah paling tidak ngga akan terlalu banyak waktu terbuang. Langkah-langkah compile kernel pertama di FreeBSD adalah sebagai berikut:

1. cd /usr/src/sys/amd64/conf
2. mkdir /root/kernels 
3. cp GENERIC /root/kernels/ROUTER
4. ln -s /root/kernels/ROUTER

cd /usr/src/sys/amd64/conf mkdir /root/kernels cp GENERIC /root/kernels/ROUTER ln -s /root/kernels/ROUTER

Langkah diatas adalah untuk membackup file config kernel GENERIC menjadi GIEST. Kemudian kemudian disimpan di directory /root/kernel supaya tidak gampang hilang. Perintah ln adalah untuk membuat simbolic link ke kernel bernama ROUTER di folder /usr/src/sys/amd64/conf. Silahkan sesuaikan dengan jenis processor anda kalau processor anda adalah intel pentium 4 misalnya silahkan pilih kernel i386.

Setelah selesai perintah diatas silahkan edit file GIEST dengan editor kesayangan anda, close dengan tanda # bagian-bagian yang menurut anda tidak cocok dengan spesifikasi komputer anda misal disana ada sederet driver untuk ethernet card, scsi dan lain sebagainya walaupun sebenar nya anda hanya memerlukan satu atau dua ethernet saja untuk diaktifkan.

Setelah edit kernel config selesai silahkan ikuti langkah berikut ini untuk memulai kompilasi.

1. /usr/sbin/config ROUTER
2. cd ../compile/ROUTER
3. make cleandepend; make depend
4. make
5. make install

/usr/sbin/config ROUTER cd ../compile/GIEST make cleandepend; make depend make make install

Kemudian anda bersabarlah karena proses ini cukup memakan waktu dan seletah semua selesai dan tidak ada masalah silahkan lanjutkan kelangkah berikut nya.

2. Install CVSUP

Cara paling mudah install cvsup adalah dengan melakukan nya lewat ports lakukan perintah berikut ini

1. cd /usr/ports/net/cvsup-without-gui
2.
3. make install clean

cd /usr/ports/net/cvsup-without-gui make install clean

3. Membuat file config CVSUP

apabila anda menginstall folder share/examples maka anda bisa menemukan contoh cvsup untuk upgrade ke versi stable di sini /usr/share/examples/cvsup, tetapi apabila anda tidak memilikinya jangan takut anda bisa copy paste contoh config berikut dan buat sedikit penyesuaian. Supaya tidak pusing mencari stable sup file biasanya saya simpan di /etc jadi silahkan buat file /etc/cvsup dengan editor kesayangan anda dan isikan file berikut ini.

1. *default host=kamu.com
2. *default base=/usr
3. *default prefix=/usr
4. *default release=cvs tag=RELENG_6_1
5. *default delete use-rel-suffix compress
6.
7. src-all
8. ports-all tag=.

*default host=cvsup99.FreeBSD.org *default base=/usr *default prefix=/usr *default release=cvs tag=RELENG_6_1 *default delete use-rel-suffix compress src-all ports-all tag=.

Untuk default host anda bisa sesuaikan denagn lokasi anda, kalau anda di Indonesia lebih enak pake mirror lokal. Saya biasa memakai cvsup.cbn.net.id

default release=cvs tag=RELENG_6_1 saya pakai karena saya menginginkan supaya box FreeBSD saya di upgrade ke versi 6.1 stable. Kalau anda menginginkan versi yang berbeda silahkan diganti misal anda ingin versi 7.0 release silahkan ganti tag=RELENG_6_1 menjadi tag=. (tag sama dengan titik)

4. Melakukan CVSUP

Ketikan perintah berikut ini

1. cvsup -g -L 2 /etc/cvsup

cvsup -g -L 2 /etc/cvsup

Kecepatan proses cvsup sangat tergantung kecepatan processor dan internet anda. Kalau anda memiliki internet super kenceng dalam beberapa menit bisa selesai. Tetapi kalau komputer dan internet anda lambat, anda harus sedikit bersabar karena akan memerlukan waktu yang lumayan lama apalagi cvsup yang pertama kali dilakukan.

4. Upgrade ke STABLE
Untuk upgrade ke stable kita perlu recompile ulang kernel mungkin kesan nya tidak ada kerjaan karena baru saja compile kernel sekarang sudah harus compile lagi. Ya gpp lah itung-itung belajar sabar 😀 lagian kernel yang akan kita compile sekarang adalah kernel yang lebih baru dan stabil dari kernel yang sebelumnya kita compile.

Ok silahkan iktu langkah-langkah berikut untuk upgrade ke stable

1. cd /usr/src
2. make buildworld
3. make buildkernel KERNCONF=ROUTER
4. make installkernel KERNCONF=ROUTER
5.
6. reboot
7. cd /usr/src
8. mergemaster -p
9. make installworld
10. mergemaster
11.
12. reboot

cd /usr/src make buildworld make buildkernel KERNCONF=GIEST make installkernel KERNCONF=GIEST reboot cd /usr/src mergemaster -p make installworld mergemaster reboot

Bisa anda lihat bahwa cara compile kernel sekarang berbeda dengan yang pertama ini karena config sudah dibikin pada langkah sebelumnya. Ikuti langkah-langkah diatas dengan hati-hati karena mungkin saja anda salah ketik sehingga membuat box anda error 😀

Tapi jangan takut untuk mencoba… Gimana mau maju kalo takut mencoba

Leave a Comment.