Windows XP SP3 bermasalah pada power management

Bila anda berencana mengupdate Windows XP dengan Service pack 3, kemungkinan Windows XP anda akan crash setelah di patch dengan SP3. Masalahnya sistem boot terjadi kesalahan dan berhenti dengan menampilkan error 0×000007e. Tetapi komputer bisa berjalan normal ketika di start dengan safe mode
Masalah ini banyak muncul di sejumlah komputer buatan HP yang kebanyakan menggunakan prosesor AMD, namun sebenarnya baik AMD dan Intel memiliki potensi yang sama untuk terjadinya crash serta beberapa kasus juga terjadi bagi video driver.
Intel menggunakan file driver intelppm.sys dan AMD mengunakan amdk8.sys dengan fungsi yang sama dalam hal pengaturan power management.
Untuk menanggulangi crash tersebut prosesor Intel, cukup mengikuti langkah seperti dibawah ini dengan setting safe mode.
1. Run regedit
2. Click on HKEY_LOCAL_MACHINE
3. From the File menu, select “Load hive”
4. Arahkan ke bagian %systemdriver%WindowsSystem32Config dan dan cari file bagian System
5. Cari bagian “horked”
6. Arahkan ke bagian horkedControlSet001ServicesIntelPPM
7. Click dua kali di Start value dan set ke angka 4
8. “If you did what I did and completely destroyed things by running a disk check”, navigate to ControlSet001ControlSessionManager. Buka bagian BootExecute value dan hapus autochk entries
9. Ikuti langkah 6 sampai 8 untuk kontrol setting lainnya.
10. Reboot
Sementara masalah lain yang muncul yaitu dengan crashnya windows XP SP 3 yang diakibatkan karena kurang kompatibelnya BIOS komputer dengan ACPI Complaint sehingga ada baiknya apabila mengupdated bios komputer anda. Pesan error yang muncul pada umunya seperti berikut STOP:0×000000A5. tetapi tidak semua motherboard akan muncul pesan seperti ini.

sumber pc-cell.com

Leave a Comment.