beras merah

Pagi hari yang cerah, tapi perut terasa kosong, “ting – ting ” wah bunyi orang jualan apa, eem ternyata bapaknya jualan bubur, wah klop nih sama tubuh saya yang butuh asupan nutrisi :). akhirnya saya panggil bapak penjual bubur, dan saya pesan satu mangkok bubur ketan merah di mix dengan kacang hijau dan di siram dengan santan, eeem wenak poll, setelah saya pikir pikir kok buburnya memakai bahan dari ketan hitam ya? bukan beras putih yang biasa kita konsumsi, mungkin pada kesempatan kali ini black in news akan membahas kandungan yang tersimpan pada beras merah. uye..

didalam berash merah ternyata banyak terkandung banyak nutrisi diantaranya

    1. Mengandung lebih banyak magnesium.
      Satu mangkuk (195 gr) beras merah masak mengandung 84 mg magnesium, sedangkan beras putih dalam jumlah yang sama hanya mengandung 19 mg magnesium.

 

  • Kaya akan fiber dan asam lemak.
    Pada beras putih biasa, lapisan kulit padi bagian dalam ikut dikupas, maka kandungan minyak dalam lapisan tersebut yang kaya akan fiber dan selulosa juga akan hilang. Padahal beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan minyak pada lapisan kulit dalam padi tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol LDL. Jadi nutrisi yang hilang termasuk fiber dan asam lemak. Sementara beras merah masih mengandung lapisan fiber dan selulosa tersebut.

 

 

  • Mencegah sembelit.
    Karena kandungan fibernya yang tinggi, selain bernutrisi tinggi, beras merah juga mampu mencegah sembelit sehingga memperlancar pencernaan. Namun efek tersebut tergantung dari kebiasaan pengkonsumsi dan dicuci atau tidaknya beras merah tersebut sebelum dimasak.

 

 

  • Sangat cocok untuk diet.
    Kandungan fiber yang tinggi juga membuat Anda lebih kenyang dan tidak mudah lapar sehingga cocok untuk pola diet. Salah satu contohnya, beras merah digunakan dalam hidangan diet makrobiotik, dimana teorinya adalah masakan yang tidak banyak mengalami pemrosesan dianggap lebih sehat.

 

 

  • Kaya akan asam amino dan GABA.
    Salah satu cara memasak beras merah yang diketahui adalah dengan teknik Gamma-aminobutyric acid (GABA) atau germinated brown rice (GBR) yang mengemuka saat International Year of Rice. Caranya, beras merah direndam dalam air hangat (38OC) selama 20 jam sebelum dimasak seperti nasi putih biasa. Proses ini akan merangsang pengecambahan sehingga mengaktifkan beragam enzim dalam beras merah. Dengan cara memasak seperti ini, akan diperoleh kandungan asam amino yang lebih lengkap termasuk GABA. GABA juga sudah dikenal dapat meningkatkan hormon pertumbuhan pada manusia. Karena itulah beras merah sangat cocok bagi para binaragawan yang sangat membutuhkan protein asam amino untuk perkembangan ototnya dan sebagai pengganti beras putih biasa.

 

 

  • Merupakan sumber mineral mangan.
    100 gram beras merah mengandung 1,1 mg mangaan atau mampu mencukupi 55% kebutuhan harian mineral mangaan.

 

 

Ternyata banyak sekali manfaat yang terkandung dalam beras merah, mungkin sobat sekalian dapat mencoba beras merah dengan berbagai cara penyajiannya, ok sekian dulu black in news hari ini . 🙂

Leave a Comment.