Chikungunya Merebak

Sore, sambil istirahat aku sempatkan menonton televisi, alangkah terkejutnya dalam sebuah berita di informasikan bahwa chikungunya merebak di sebuah perdesaan, seberapa ganaskan wabah ini , apa sama dengan wabah demam berdarah? akhirnya aku cari beberapa artikel di internet, konon penderita mengalami  nyerih yang sangat menyakitkan seperti menusuk tulang, tapi ada kabar baiknya juga chikungunya TIDAK BERBAHAYA, bahkan bisa sembuh dengan sendirinya dan tidak ada laporan kematian akibat virus ini.

untuk lebih detail tentang virus chikungunya ini saya ulas di black in news hari ini, antara lain sebagai berikut:

Penyebab chikungunya
Virus penyebab adalah virus chikungunya, kelompok Alphavirus atau “group A” antropho borne viruses. Virus ini telah berhasil diisolasi di berbagai daerah di Indonesia. Sedangkan demam berdarah dengue (DBD) disebabkan oleh “group B” antropho borne viruses.

Vektor ( Pembawa penyakit )
Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti yang juga nyamuk penular penyakit demam berdarah dengue (DBD).
Masa Inkubasi: Masa tunas antara 1-12 hari, pada umumnya 2-4 hari.

Cara Penularan
Penularan demam chikungunya terjadi apabila penderita yang sakit digigit oleh nyamuk penular, kemudian nyamuk penular tersebut menggigit orang lain.

Gejala yang di timbulkan

    1. demam

 

  • sakit persendian

 

 

  • Nyeri otot

 

 

  • Bercak kemerahan

 

 

  • Sakit kepala

 

 

  • Kejang-kejang

 

 

  • pembesaran kelenjar getah bening di bagian leher

 

 

Pengobatan

Pengobatan demam chikungunya adalah pengobatan simptomatis dengan penurun panas atau penghilang rasa nyeri, disertai istirahat. Perjalanan penyakit ini umumnya cukup baik, karena bersifat self limited, yakni akan sembuh sendiri.

Pencegahan

menambah kesadaran akan pentingnya 3M :D.

semoga dari informasi black in news hari ini dapat menjadikan kita manusia indonesia yang sehat jasmani dan rohani.

Leave a Comment.