Pencak silat di daerahku

Pencak silat adalah kebudayaan indonesia asli yaitu dalam seni bela diri, di tempat ku juga ada paguyupan pencak silat tapi sekarang udah tidak exist lagi :(. padahal hal seperti ini yang bisa memperkuat kebudayaan bangsa,dulu  saya bersama kawan-kawan desa yang lain tiap 3 kali dalam seminggu selesai mengaji  kami berlatih pencak silat, dan kegiatan ini kami ikuti dengan penuh suka cita, tiap gerakan dalam seni pencak silat mengandung arti katanya guru ku si gitu , tapi saya tidak mengetahui lebih detail tentang filosofi pencak silat ini, tapi kalo dilihat dan dirasakan tiap gerakan pencak silat memang tidak seperti seni bela diri lainnya ada unsur tari nya, tidak mementingkan kekuatan fisik aja begitu.

Pada hari besar seperti tujuh belas agustus atau ada kegiatan besar di daerahku, kami mempertunjukan kebolehan kami dalam seni bela diri dan kegiatan ini juga di ikuti oleh paguyupan lain luar daerahku, dengan memakain seragam warna hitam (jadi ingat think is blacknya djarum :)) kami mempergarakan gerakan demi gerakan pencak silat alah daerahku, dan juga berbagai aksi pertarungan satu lawan satu , kebetulan aku berpasangan dengan kaka’ ku :).

Seiring beralihnya jaman, kegiatan ini mulai di lupakan, karena para pelaku dalam seni pencak silat didaerahku disibukkan dengan kegiatan masing-masing, ada yang berkerja di luar sehingga tidak bisa ditinggalkan, semoga kebudayaan seperti ini tidak lenyap di telan jaman, mungkin PT. Djarum dapat mensuport kegiatan seperti ini. amin

2 Comments

Leave a Comment.