bisnis MLM? itu apa c?? saya kok g tahu??

Saya pernah ditawari aleh seseorang.. sebut saya mr.R dia temen kuliah saya di PJJ TKJ malang joint campus malang, suatu ketika saya bertanya kepada mr.R “pak lagi ngapain?” tanya saya, “main-main” jawab beliau, wah kayaknya menarik thu mainan gumam saya dalam hati,saya dekati beliau, mulai tanya sana tanya sini, tapi g tanya situ he he he, situ g ikut dalam cerita ini.. he he he, beliau mulai memperesentasikan bagaimana mainan yang kayaknya membuat beliau terbuai.. he he he, maklum lagi “new” beliau juga mengajak saya untuk join sama beliau, wah karena saya g mo ambil resiko dan saya g punya modal untuk mendaftar, akhirnya saya hanya mencari informasi nya aja, sapa tahu nnt bisa berguna, gumam saya…

selang beberapa hari saya chating sama beliau, dia tanya gmn mau ikut apa tidak, wah saya masih belum yakin pak? jawab saya, ini bisnis bagus.. berkali dia meyakinkan aku, wah saya jadi tambah g yakin dengan beliau, saya tanya ini bisnis ini sistemnya kebanyakan kayak sistem pyramida gt kan pak?? dan tentunya saya pancing sana sini, dengan segala jurus dia jawab “IYA” wah sungguh kejam menurut saya.. ha ha ha.. terus saya tanya??udah dapat berapa orang pak.. dia g mo jawab.. payah, terus aku tanya lagi??kalo saya ikut kira2 saya harus dapat berapa member.. jawabnya 3 orang cukup.. wah saya jadi tambah g yakin.. bayangkan beliau saja begitu mengebuhnya mengajak saya buat joint ma bisnis tersebut lah kalo semuanya g mau gmn.. saya yang rugi.. lah kalo posisinya paling bawah gmn.. paling di ijak tho.. kasian kan..

saya juga dapat menyimpulkan bahwa bisnis ini dapat merubah pola pikir manusia.. bagai mana tidak,, mereka pasti atau tidak, bukan sulap atau sihir, sekarang atau besok, lama tau tidak,mereka akan menghalalkan segala cara untuk mencapai member yang paling puncak.. pastinya gt.. sorry kalo menyinggung, saya masih awam dalam hal seperti ini, ada yang mau kasih saran??? atau memberi saya gambaran?? atau malah setuju dengan opini yang saya berikan??

6 Comments

  1. Pada bisnis MLM, yang benar2 kita harus pelajari adalah sistemnya.
    Cari tau apakah transaksi pendaftarannya dipisah dengan transaksi jual belinya.

    Cari tau juga apakah seseorang diajak membeli barang karena barangnya bagus atau bisnisnya “yang bagus”.

    Tentu, kita juga harus mikir, barang yg dijual berguna dan halal tidak.

    Reply

Leave a Comment.